10/31 BPMPT KKR

BPMPT KKR
PTSP KKR NOMINASI TIGA BESAR
October 31, 2012 at 12:24 AM
PTSP KKR NOMINASI TIGA BESAR

SUNGAI RAYA - Pelayanan Terpadu Satu Pintu Bidang Penanaman Modal (PTSP-PM) yang diterapkan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk meningkatkan pelayanan investasi kepada investor ditetapkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia sebagai salah satu kabupaten yang masuk nominasi tiga kabupaten terbaik dalam penyelenggara PTSP-PM 2012.
Dari undangan yang disampaikan Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 240/A.1/2012 Pemerintah Kabupaten Kubu Raya diminta untuk menghadiri acara penganugerahan penghargaan tiga penyelenggara PTSP-PM Provinsi, tiga penyelenggara PTSP-PM Kabupaten dan tiga penyelenggara PTSP-PM Kota terbaik 2012. Rencananya penyerahan penganugerahan tersebut akan dilakukan pada senin (12/11) di Jakarta.
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan Pemkab Kubu Raya pada dasarnya baru memulai pelayanan terpadu satu pintu melalui Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BPMPT) pada 2010. Dalam dua tahun, dalam kurun waktu yang singkat itu, Pemkab Kubu Raya telah mampu mensejajarkan diri dalam urusan pelayanan perizinan terpadu dengan sejumlah daerah, seperti Sragen, Purwakarta, Magelang dan Trenggalek.
Muda menjelaskan prestasi itu diraih berdasarkan serangkaian tahapan penilaian (pengisian daftar pertanyaan, verifikasi ke lapangan dan pemaparan di hadapan tim interdept) dengan beberapa kriteria antara lain kesiapan PTSP-PM meliputi dasar hukum kelembagaan, pelimpahan kewenangan, mekanisme pelayanan. Selain itu, proses pelayanan perizinan dan non perizinan penanaman modal termasuk kualitas dan kuantitas sumberdaya manusia, sarana prasarana, layanan pengaduan dan fasilitas pendukung lainnya. "Komitmen kepala daerah, SKPD, dan dampak dari penerapan PTSP-PM juga menjadi penilaian. Dan ini yang betul-betul kita terapkan," katanya.

Muda mengatakan Pemkab Kubu Raya sangat mensyukuri telah masuk nominasi tiga besar dalam ajang penganugerahan penghargaan PTSP-PM tiga besar terbaik. Setidaknya penganugerahan yang didapat dapat menjadi motivasi dan pemacu peningkatan PTSP-PM di Kubu Raya dan kabupaten-kabupaten lainnya di Kalimantan Barat. "Untuk nominasinya, apakah satu, dua, atau tiga kita masih belum mengetahui. Karena baru akan diumumkan pada pelaksanaan penganugerahan," ucapnya.
Plt Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kubu Raya Maria Agustina mengatakan pada dasarnya penghargaan yang didapat pada bidang PTSP-PM di Kubu Raya tidak terlepas dengan kiat-kiat yang dilakukan pihaknya, yakni melakukan sinergisitas dengan SKPD, penerapan komitmen dan konsistensi semua SKPD. "Bukan hanya kemampuan IT yang harus disiapkan, kemampuan sumber daya manusia juga selalu disiapkan," terangnya.
Maria menjelaskan, dari penilaian teknis yang dilakukan panitia pusat dari segi SDM PTSP-PM Kubu Raya masih dibawah dari sarana dan prasarana kewenangan, yang paling menonjol adalah pelimpahan kewenangan.
Sarana dan prasarana, lanjut Maria juga menjadi kualifikasi. Namun hal itu tidak terlepas dari SDM petugas yang mumpuni. Dengan penghargaan yang didapat ini, tentu kita akan terus meningkatkan pelayanan terpadu satu pintu. Dan semoga apa yang diraih BPMPT Kubu Raya dapat menjadi contoh kabupaten lainnya.

Sumber : Pontianak Post, Rabu 31 Oktober 2012      

This email was sent to ariedjoeanda@gmail.com.
Delivered by Feed My Inbox
PO Box 682532 Franklin, TN 37068
Create Account
Unsubscribe Here Feed My Inbox

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama