BAB I Skrispi Sistem Inventori Berbasis Web

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi khususnya dalam bidang komputer dewasa ini begitu cepat seiring dengan banyaknya teknologi-teknologi yang berguna dalam mengembangkan teknologi sekarang ini. Perkembangan teknologi tersebut sangat mempengaruhi setiap badan usaha maupun perusahan-perusahan dalam hal penanganan masalah-masalah yang timbul dalam kegiatan operasionalnya.

Demikian juga halnya dengan PT. Indovectro Makmur Abadi Cabang Lampung khususnya dalam sistem informasi inventori. Merupakan hal yang mungkin bagi pihak badan usaha tersebut untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi berkenaan dengan sistem informasi inventori.

Untuk itu penulis mencoba untuk merancang suatu sistem inventori yang menggunakan teknologi komputer yang diharapkan dapat mengatasi kelemahan-kelemahan dari sistem kerja yang selama ini sedang berjalan pada PT. Indovectro Makmur Abadi Cabang Lampung.
 
1.2    Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, penulis merumuskan permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah bagaimana merancang dan membuat Sistem Informasi Inventori Online pada PT. Indovectro Makmur Abadi Bandar Lampung.

1.3    Rumusan Masalah

Berdasarkan identifikasi masalah di atas maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut:
  1. Pembuatan situs PT. Indovectro Makmur Abadi Bandar Lampung sebagai sarana informasi inventori.
  2. Sebagai media promosi dan penjualan online.

1.4    Batasan Masalah

Berdasarkan masalah di atas, agar tidak terjadi kesalahan persepsi dalam penulisan ini dan kerena luasnya cakupan permasalahan, maka pada penelitian ini hanya akan membahas:
1.      perancangan dan pembuatan sistem informasi inventori pada PT. Indovectro Makmur Abadi Cabang Bandar Lampung.
2.      pemesanan produk yang dilakukan oleh konsumen secara online.

 
1.5    Tujuan dan Manfaat Penelitian

1.4.1        Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi inventori online Produk PT. Indovectro Makmur Abadi cabang Bandar Lampung berbasis website, dan memberikan kemudahan konsumen dalam melakukan pemesanan produk PT. Indovectro Makmur Abadi cabang Bandar Lampung.

1.4.2        Manfaat Penelitian

Adapun manfaat penelitian ini adalah :
1.      Secara teoritis
Menambah khazanah pengetahuan dan pengembangan wawasan dan ilmu pengetahuan serta sebagai sumbangan pemikiran bagi pihak lain yang berminat mengkaji dan mempelajari website.
2.      Secara praktis .
Menghasilkan sistem informasi inventori online sehingga menjadikan suatu alternatif baik sebagai media promosi maupun kemudahan pemesanan produk yang dilakukan oleh konsumen.
3.      Secara Akademis
Untuk memenuhi persyaratan dan kelengkapan tugas akhir sebagai salah satu syarat menyelesaikan S-1 Program Studi Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer .....................


1.6    Sistematika Penulisan

Dalam penulisan ini secara umum dapat digambarkan dalam beberapa bab sebagai berikut :

BAB I     PENDAHULUAN

                Bab ini menjelaskan latar belakang, identifikasi masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II   LANDASAN TEORI

                     Bab ini membahas pengertian sistem informasi, inventori, internet, HTML, PHP, database, alat perancangan, dan MySQL.

BAB III  METODOLOGI PENELITIAN

                Menjelaskan diagram alir pemecahan masalah, metode pengumpulan data, metode pengembangan perangkat lunak, analisis sistem yang berjalan, kelemahan sistem yang berjalan, sistem yang diusulkan, desain global sistem yang diusulkan, konteks diagram, DFD, rancangan database, rancangan input output, dan rancangan hirarki website.

BAB IV  HASIL DAN PEMBAHASAN

                Bab ini menyajikan tampilan program, penjelasan dan pembahasan.

BAB V    KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini menyajikan kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian dan saran-saran kepada pihak perusahaan dan peneliti yang akan melanjukan penelitian ini.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN


1 Komentar

Lebih baru Lebih lama