Apa itu Sanitasi ?

Kita mungkin sering sekali membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan kebersihan, sistem kebersihan dan masalah-masalah kebersihan. Hal ini selalu dikait-kaitkan pada satu kata "Sanitasi", terkadang kita sendiri bingung bila diminta untuk mengartikan kata ini.

Kata "Sanitasi" sendiri mempunyai arti sebagai prilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud untuk mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran atau bahan buangan berbahaya lainnya dengan harapan usaha ini akan menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia.

Dengan kata lain bahwa sanitasi adalah usaha manusia itu sendiri membuat atau membangun prilaku yang akan membangun pola hidup bersih dengan cara membangun infrastruktur yang akan melindungi diri manusia itu bersentuhan langsung dengan kotoran dan buangan bahan berbahaya.

Permasalahan kita sekarang ada kurang paham atau kurangnya edukasi di lingkungan masyarakat kita untuk membangun infrastruktur sanitasi ini, sehingga terkadang wabah penyakit itu hadir karena sistem sanitasi rumah tangga yang kurang bagus.  Bahkan terkadang di masyarakat pedesaan di lingkungan rumah mereka sendiri belum tersedia sarana MCK yang kadang masyarakat desa harus melakukan aktifitas MCK di sungai-sungai kecil, bahkan di masyarakat suku pedalaman masih dilakukan secara sembarangan, dan proses pembersihan juga dilakukan dengan cara yang seadanya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama