Investasi adalah ...

Investasi atau Penanaman Modal adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan ekonomi dan keuangan. Istilah ini berkaitan dengan suatu bentuk akumulasi aktiva dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa depan.

Berdasarkan teori ekonomi investasi adalah sebagai bentuk pembelian atau produksi dari modal barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi masa yang akan datang.

Beberapa produk investasi dikenal sebagai efek atau surat berharga. Efek bisa diartikan sebagai suatu instrumen bentuk kepemilikan yang dapat dipindah tangankan dalam bentuk surat berharga, saham/obligasi, bukti hutang (primisorry note), bunga atau partisipasi dalam perjanjian kolektif (reksa dana), hak untuk membeli suatu saham (Right), garansi untuk membeli suatu saham dimasa mendatang atau instrumen yang dapat diperjual belikan.

Contoh Bentuk investasi adalah investasi tanah mengharapkan kenaikan nilai tanah pada masa mendatang. Investasi Pendidikan, dengan bertambahnya pengetahuan diharapkan akan memudahkan pencarian kerja dan pendapatan lebih besar. Investasi Saham, diharapkan mendapatkan keuntangan dari hasil kerja dan penelitian.

Resiko investasi disebabkan oleh banyak faktor, seperti bencana alam, keamanan, ketertiban hukum.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama